• SELAMAT DATANG DI MEDIA ILMU
  • Turki Tembak Jatuh Jet Rusia - Media iLmu

    Turki Tembak Jatuh Jet Rusia

    Turki Tembak Jatuh Jet Rusia  

    Pesawat jet Rusia lepas landas dari pangkalan udara Hmeimim di Suriah, 19 November 2015. REUTERS/Ministry of Defence of the Russian Federation/Handout via Reuters
    TEMPO.CO, Ankara - Angkatan bersenjata Turki menembak jatuh sebuah pesawat perang di perbatasan Suriah, Selasa dinihari, 24 November 2015, waktu setempat.


    Mengutip keterangan pejabat keamanan di kantor Presiden Recep Tayyip Erdogan, kantor berita Anadolu melaporkan Jet Su-24 milik Rusia itu terpaksa ditembak jatuh setelah diketahui melanggar wilayah udara Turki.





    Kabar insiden tersebut dibenarkan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia kepada CNN. "Jet tempur Rusia jatuh di perbatasan Turki-Suriah pada Selasa, 24 November 2015," ujar juru bicara Kementerian. "Penyebab jatuhnya pesawat tersebut belum diketahui."

    Sebelumnya, Anadolu mengabarkan sebuah pesawat tempur, yang belum diketahui pemiliknya, jatuh di dekat perbatasan Turki di kawasan Bayirbucak, wilayah Suriah. "Jet tersebut masuk ke Bayirbucak, terbang dari Yayladagi, Hatay, tertangkap kamera.



    Pilot menyelamatkan diri dengan parasut dan ditangkap petugas kemanan. Tampak kepulan asap pekat di tempat pesawat jatuh."

    Pemerintah Turki menentang keras regi Suriah di bawah kepemimpinan Presiden Bashar al-Assad. Kedua negara pernah terlibat adu tembak di kawasan ini karena Turki menuding sejumlah jet tempur Suriah melakukan pelanggaran wilayah udaranya.

    BLOOMBERG | CNN | CHOIRUL AMINUDDIN





































    Sumber : tempo

    0 comments:

    Post a Comment