• SELAMAT DATANG DI MEDIA ILMU
  • Dimanakah Rasa Toleransi antar Umat Manusia yang Selama Ini Didengungkan? #PrayForHumanity - Media iLmu

    Dimanakah Rasa Toleransi antar Umat Manusia yang Selama Ini Didengungkan? #PrayForHumanity


     

    Post By : Mohammad Bimoseno

    Toleransi, sebuah kata yang mungkin sedang dipertanyakan oleh kebanyakan manusia belakangan ini. Bukan tanpa alasan, serangan demi serangan yang terus terjadi di Timur Tengah dan juga teror mengerikan di jantung kota Paris, Perancis memberikan sebuah pertanyaan dengan tanda tanya yang cukup besar, dimanakah rasa toleransi antar umat manusia yang selama ini didengungkan di berbagai penjuru dunia?

    Kita, sebagai manusia selalu menginginkan hidup yang aman, tentram dan damai. Semua hal tersebut bisa didapatkan jika kita mampu bertoleransi dengan bentuk menghargai dan menerima berbagai perbedaan, entah itu agama, ras, suku, jenis kelamin dan lain sebagainya. Perbedaan akan selalu ada pada setiap diri manusia, hal itu secara mutlak perlu kita sadari. Kita tidak bisa serta merta memaksakan apa yang kita pegang / anut kepada orang/golongan yang berbeda dari diri/kelompok kita. Setiap orang tentu mempunyai hak memilih apa yang mereka yakini.

    Berbagai teror yang terjadi adalah bukti manusia masih belum bisa menerima berbagai perbedaan yang ada. Jiwa kita masih dikuasai hasrat untuk menghancurkan orang / kelompok yang berbeda dari diri kita, manusia menjadi bodoh dengan membesar-besarkan perbedaan kecil yang ada dan menjadikannya alasan untuk menghalalkan pembantaian terhadap manusia lain. Lantas bagaimana toleransi yang kita dambakan ini bisa muncul? apa perlu kita menunggu semua manusia musnah karena ketidakmampuan mereka menerima perbedaan.





















    Sumber : okezone

    0 comments:

    Post a Comment